PTSP Bintang Lima Pemkot Makassar Dilengkapi Ruang Bermain Anak

Berita
Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Makassar Tenri A. Palallo menyumbangkan tempat bermain anak di dalam ruang PTSP Bintang Lima.

Biringtamakassar.com-Seiring pesatnya angka tindakan kekerasan terhadap anak, seakan ruang bermain ramah anak terlupakan.

Hal tersebut tak menyurutkan Pemerintah Kota Makassar terus melecut ruang bermain ramah anank. Hal ini ditandai dengan memiliki gedung pelayanan terpadu satu pintu (PTSP) Bintang Lima Pemkot Makassar yang dilengkapi ruang pojok ramah anak.

Meski demikian ruang bermain anak ini sama sekali tidak akan menggagu pelayanan.

Pojok anak ini terdiri atas rumah kecil dan papan luncuran dari plastik. Matras berwarna merah dan pagar berwarna-warni menjaga anak-anak tidak keluar dari area bermain.

“Terima kasih Ibu Kadis Pemberdayaan Perempuan atas bantuan taman bermain anak di PTSP Bintang Lima,” ungkap Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DM-PTSP) Kota Makassar Firman Hamid Pagarra, Senin 11 Februari 2019.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Makassar Tenri A. Palallo menyumbangkan tempat bermain anak di dalam ruang PTSP Bintang Lima.

Tempat ini dibangun di sudut ruangan dengan luas sekitar 2 x 4 meter. Tempat ini akan dilengkapi dengan bola-bola, boneka dan seluncuran kecil.  

“Supaya anak-anak yang ikut orang tuanya merasa nyaman dan merasa aman,” kata Tenri.

Tenri mengatakan, semua fasilitas umum dan tempat pelayanan milik pemerintah sudah diwajibkan menyediakan tempat khusus untuk anak-anak. Begitupula ruang laktasi untuk ibu yang menyusui.

“Di Balai Kota ruangannya (laktasi) sudah disediakan di kantor DP3A,” ujar Tenri.

Ruang anak di kantor-kantor pemerintah dan swasta menjadi fokus DP3A. Hal ini dalam rangka mewujudkan Kota Makassar yang ramah terhadap anak. 

“Makassar harus menjadi kota yang nyaman untuk anak-anak,” Tegas Tenri.

PTSP Bintang Lima adalah ruang bagi warga untuk mengajukan berbagai macam surat izin. Seperti IMB, pendirian perusahaan, membuat usaha, dan surat izin lainnya.

PTSP Bintang Lima dibangun di Balai Kota Makassar. Menjadi tanggung jawab Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Makassar. Konsep ruangan yang nyaman dan santai membuat ruangan PTSP Makassar disebut setara dengan fasilitas di hotel bintang lima.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *